skip to Main Content
Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Di Rumah

Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris di Rumah

Cara mengajari anak belajar Bahasa Inggris – Banyak orangtua telah mengetahui pentingnya belajar bahasa Inggris di era modern ini. Selain mengajarkan diri sendiri, sejak dini anak juga sudah dapat diajarkan bahasa Inggris. Anak-anak sangat cepat menghapalkan kosa kata dan kesempatan untuk meniru pelafalan yang seperti aslinya juga sangat besar karena organ wicaranya masih berkembang. Permasalahnnya adalah tidak semua orangtua pandai berbahasa Inggris dan tidak tahu harus mulai dari mana. Mari kita simak tulisan Jo Blackmore yang dilansir dari British Council tentang bagaimana cara melatih anak agar mau belajar dan mahir dalam berbahasa Inggris di rumah.

Bagaimana cara mulai mengajar anak bahasa Inggris di rumah?

Banyak orang tua ingin mengajarkan anak-anak mereka bahasa Inggris di rumah, tapi tidak tahu bagaimana memulainya. Tidak masalah jika bahasa Inggris Anda sendiri tidak sempurna. Hal yang paling penting adalah Anda merasa antusias sehingga dapat memberi banyak dorongan dan pujian kepada anak-anak Anda. Anak Anda akan menangkap antusiasme Anda terhadap bahasa Inggris. Jangan khawatir jika anak Anda tidak langsung segera mulai berbicara bahasa Inggris. Mereka membutuhkan sejumlah waktu untuk menyerap bahasa ini. Bersabarlah, dan mereka akan mulai berbicara bahasa Inggris di waktu mereka sendiri.

Membentuk rutinitas

Tetapkan rutinitas untuk waktu belajar bahasa Inggris di rumah. Lebih baik memiliki sesi singkat dan sering daripada yang lama dan jarang. Lima belas menit cukup untuk anak kecil. Anda dapat secara bertahap membuat sesi lebih lama saat anak Anda bertambah usianya dan rentang konsentrasi mereka meningkat. Jagalah agar aktivitas belajar pendek dan bervariasi agar bisa menarik perhatian anak Anda.

Usahakan melakukan aktivitas tertentu pada waktu yang sama setiap hari. Anak merasa lebih nyaman dan percaya diri saat mereka tahu apa yang diharapkan. Misalnya, Anda bisa bermain permainan bahasa Inggris setiap hari sepulang sekolah atau membaca cerita bahasa Inggris bersama anak-anak Anda sebelum tidur. Jika Anda memiliki ruang di rumah, Anda dapat membuat English Corner di mana Anda menyimpan sesuatu yang terhubung ke bahasa Inggris, misalnya buku, permainan, DVD atau hal-hal yang dibuat oleh anak-anak Anda. Pengulangan sangat penting – anak-anak sering kali perlu mendengar kata-kata dan ungkapan berkali-kali sebelum mereka merasa siap untuk memproduksinya sendiri.

Bermain permainan

Anak-anak belajar secara alami saat mereka bersenang-senang. Flashcard adalah cara yang bagus untuk mengajarkan dan merevisi kosa kata dan ada banyak permainan berbeda yang dapat Anda mainkan dengan flashcards, seperti Memory, Kim’s game, Snap atau Happy Families. Ada banyak jenis permainan lain yang bisa Anda mainkan dengan anak-anak Anda untuk membantu mereka berlatih bahasa Inggris. Anda dapat mencoba jenis permainan berikut.

  • Permainan aksi, misalnya Simon says, Charades, What’s the time Mr Wolf?
  • Permainan papan – misalnya Ular dan tangga atau permainan tradisional lainnya
  • Permainan kata – misalnya I spy, Hangman
  • Permainan online – Anda bisa menghabiskan waktu belajar Inggris dengan anak Anda dengan permainan online di internet.

Menggunakan situasi sehari-hari

Keuntungan mengajar bahasa Inggris di rumah adalah Anda bisa menggunakan situasi sehari-hari dan benda-benda nyata dari sekitar rumah untuk mempraktikkan bahasa secara alami dan dalam konteksnya. Sebagai contoh, Anda dapat membicarakan tentang pakaian saat anak Anda berpakaian atau saat Anda sedang mencuci pakaian (‘Let’s put on your blue socks’, ‘It’s Dad’s T-shirt’, dan lain-lain). Selain itu Anda dapat melatih kosa kata untuk mainan dan perabotan saat Anda membantu anak Anda untuk merapikan kamar tidur mereka (‘Let’s put your teddy bear on the bed!’, ‘Where’s the blue car?’). Anda juga dapat mengajari kosa kata makanan saat Anda sedang memasak atau pergi berbelanja. Ketika Anda pergi ke supermarket, berikan anak Anda daftar hal yang harus ditemukan (gunakan gambar atau kata-kata tergantung usia mereka). Revisi kosa kata mereka saat Anda selesai berbelanja dan sampai di rumah.

Menggunakan cerita

Anak-anak yang lebih muda menyukai buku dengan warna cerah dan ilustrasi menarik. Lihatlah gambar-gambar tersebut bersama-sama dan ucapkan kata-kata saat Anda menunjuk gambar-gambarnya. Kemudian Anda dapat meminta anak Anda untuk menunjukkan hal yang berbeda, misalnya ‘Where’s the cat?’ Setelah beberapa saat, dorong mereka untuk mengucapkan kata-kata dengan bertanya ‘What’s that?’ Mendengarkan cerita akan membuat anak Anda terbiasa dengan suara dan ritme bahasa Inggris.

Menggunakan lagu

Lagu adalah cara yang sangat efektif untuk mempelajari kata-kata baru dan memperbaiki pengucapan. Lagu dengan gerakan khususnya sangat baik untuk anak-anak yang masih kecil karena mereka dapat bergabung bahkan jika mereka belum bisa menyanyikan lagunya. Gerakan tersebut sering kali menunjukkan makna kata-kata dalam lagu tersebut.

Mengajar tata bahasa

Dengan anak-anak yang lebih muda, tidak perlu secara eksplisit mengajarkan peraturan tata bahasa, namun biasakan mereka untuk mendengar dan menggunakan struktur gramatikal yang berbeda dalam konteks, misalnya ‘have got’ ketika Anda berbicara tentang penampilan seseorang, atau ‘must / mustn’t’ saat membicarakan peraturan sekolah mereka. Mendengar tata bahasa yang digunakan dalam konteks sejak dini akan membantu anak Anda untuk menggunakannya secara alami dan benar saat mereka lebih tua.

Kata dan frase mana yang harus saya ajarkan dulu?

Pertimbangkan minat dan kepribadian anak Anda saat menentukan topik mana yang akan diajarkan, dan biarkan anak membantu Anda untuk memilih. Anda mungkin ingin memulai dengan beberapa topik berikut.

  • Numbers / nomor (1-10; 10-20; 20-100)
  • Colours / warna (contohnya blue, green, black)
  • Adjectives / kata sifat (contohnya big, small, happy)
  • The body / Anggota tubuh (contohnya head, hand, leg)
  • Toys / mainan (contohnya doll, kite, ball, yoyo)
  • Clothes / pakaian (contohnya jumper, pyjama, T-shirt)
  • Animals / hewan (contohnya pets, farm animals, wild animals)
  • Food / makanan (contohnya rice, chips, sandwich)

Penting juga bagi anak Anda untuk terbiasa dengan bahasa ‘English time’, jadi gunakan ungkapan yang sama dengan anak Anda setiap saat, misalnya “it’s English time! Let’s sit down. Which song shall we start with today? ‘Anak-anak akan segera menghapal ungkapan-ungkapan seperti ‘please; thank you; Can I have …?; Where is…?; Point to …; What colour is it?; It’s …; I like …; I don’t like …,. Apapun jenis pendekatan Anda, hal yang paling penting adalah untuk santai, bersenang-senang dan buatlah belajar bahasa Inggris sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi Anda dan anak Anda. Nah, selamat mencoba!

 

Adi Pramono

Web developer Bali, Indonesia. My name is Adi Pramono, a fulltime WordPress web developer based in Bali, Indonesia. I am originally come from Palangkaraya, Borneo Island, Indonesia. I believe that website is important in today’s world and a basic need for future businesses. Mail me if you need someone for your web project: info@adipramono.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top