skip to Main Content
Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit Dan Selalu Sehat

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit dan Selalu Sehat

Cara agar anak tidak mudah sakit – Kebiasaan sehat di dalam keluarga

Cara agar anak tidak mudah sakit – Menjaga anak tetap sehat adalah prioritas utama bagi setiap orang tua. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya jatuh sakit. Tetapi, adakalanya anak tiba-tiba sakit. Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan gaya hidup yang sehat untuk seluruh anggota keluarga di rumah. Suatu hal mutlak bahwa kesehatan anak adalah hal yang sangat penting yang perlu kita jaga. Sebagai orang tua, kita wajib bertanggung jawab atas kesehatan anak dan sedapat mungkin menjauhkan risiko atau kebiasaan buruk yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa cara agar anak tidak mudah sakit dan selalu sehat.

 

Makan makanan yang sehat

Cara agar anak tidak mudah sakit yang pertama adalah tentang makanan. Anak-anak sebaiknya hanya memakan makanan yang segar, sehat, dan bukan makanan cepat saji. Tetapi, kadang anak lebih suka memakan makanan serta jajanan yang kurang sehat. Kita sebagai orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak kita makan dengan benar dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan bukan hanya rasa, warna, atau hadiah di dalam bungkus makanan, anak memerlukan nutrisi / gizi dari makanan tersebut.

Anak membutuhkan gizi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang. Karena itu, mereka harus rutin mendapatkan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Orang tua sebaiknya menyediakan masakan sehat di rumah agar anak tidak perlu jajan di luar. Karena makanan di luar rumah tidak dapat kita pastikan kebersihan dan keseimbangan gizinya. Makanan di rumah dapat lebih mudah kita kontrol masalah kebersihannya, bahan-bahan segar, dan bebas pengawet. Tidak semua makanan di luar rumah itu tidak sehat, tetapi untuk makanan di luar rumah, ada banyak sekali hal yang tidak dapat kita ketahui seperti kesegaran bahan, kebersihan makanan, cara pengolahan, zat pengawet, dan kualitas secara umum.

 

Berikan anak waktu istirahat yang cukup

Berikutnya cara agar anak tidak mudah sakit adalah tidur cukup. Tidur adalah hal penting bagi anak karena tidur dapat membantu mengatur metabolisme dan merupakan salah satu kebutuhan dasar.

Setelah beraktivitas seharian tentu sangat melelahkan bagi anak. Anak perlu istirahat yang cukup untuk memulihkan stamina fisik dan otak. Secara umum anak memerlukan jam istirahat yang lebih panjang dibandingkan dengan orang dewasa.

Berikut ini adalah kebutuhan tidur anak sesuai usia berdasarkan studi oleh Max Hirshkowitz, PhD, Ketua National Sleep Foundation Scientific Advisory Council.

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): Memerlukan waktu tidur antara 14-17 jam per hari
  • Bayi (4-11 bulan): Memerlukan waktu tidur antara 12-15 jam per hari
  • Batita (1-2 tahun): Memerlukan waktu tidur antara 11-14 jam per hari
  • Balita (3-5 tahun): Memerlukan waktu tidur antara 10-13 jam per hari
  • Anak-anak (6-13 tahun): Memerlukan waktu tidur antara 9-11 jam per hari
  • Remaja (14-17 tahun): memerlukan waktu tidur antara 8-10 jam per hari
  • Orang dewasa muda (18-25 tahun): memerlukan waktu tidur antara 7-9 jam per hari
  • Dewasa (26-64 tahun): Memerlukan waktu tidur antara 7-9 jam per hari
  • Orang tua (65 tahun keatas): Memerlukan waktu tidur antara 7-8 jam per hari

Untuk membuat anak mendapatkan kualitas tidur, sebaiknya kita tidak membuat suara-suara gaduh pada saat anak sedang beristirahat. Saat anak sedang tidur sebaiknya ciptakan suasana tenang agar otak dapat beristirahat dengan sempurna.

 

Buat kegiatan olahraga sambil bermain

Seperti kita ketahui bersama bahwa tubuh memerlukan olahraga. Namun, olahraga ini dapat menjadi hal yang menyenangkan jika kita siasati dengan sambil bermain, misal bermain bola, berlari kecil, petak umpet, bermain air, atau olahraga ringan lainnya yang menyenangkan dan menyehatkan. Anak zaman sekarang rentan kekurangan aktivitas fisik karena mereka lebih  asyik dengan  bermain gadget sehingga kurang bergerak yang dapat meningkatkan risiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya. Berolahraga sangat penting agar anak menjadi lebih bugar, sehat, kuat, dan ceria.

Beberapa ide tambahan untuk kegiatan di luar rumah untuk anak

1. Berolahraga bersama anak

Sore hari atau akhir pekan / waktu luang dapat kita manfaatkan untuk berolahraga bersama anak. Kegiatan seperti jalan – jalan di taman, berenang, atau main bola kaki di halaman rumah dapat membuat badan menjadi lebih bugar dan membangun keceriaan.

2. Daftarkan anak ikut ekstrakulikuler olahraga

Jika di sekolah anak terdapat kegiatan ekstra kulikuler olahraga, dapat kita dukung anak untuk mengikutinya. Kegiatan ini seperti ekstrakulikuler bela diri Silat, Karate, Bola Volly, Basket, Sepakbola dan lain sebagainya.

3. Bermain di luar rumah dengan teman sebaya

Ijinkan anak untuk bermain di luar rumah dengan teman sebaya, dan sebaiknya tidak terlalu jauh dari lingkungan rumah, seperti bermain sepeda, sepak bola, petak umpet, main di lapangan dekat rumah, dan permainan lain yang menyenangkan dan tidak berbahaya.

4. Batasi waktu untuk teknologi

Teknologi memiliki banyak manfaat tetapi sebagai orang tua, kita perlu memperhatikan waktu yang dihabiskan anak untuk kegiatan dengan gadget atau komputernya. Dengan pengaturan waktu ini akan membuat anak memiliki alokasi waktu tertentu untuk teknologi, tetapi ada cukup waktu untuk bermain di luar rumah, mengerjakan tugas, dan olahraga.

5. Buat rencana akhir pekan

Ini bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk merencakanan perjalanan akhir pekan untuk jalan – jalan bersama anak. Misalnya pergi ke pantai bersama, atau ke taman bermain, jalan – jalan ke bukit / pegunungan menikmati alam dan kebersamaan.

 

Jauhkan anak dari hal yang berbahaya dan mengganggu kesehatan

Berikut adalah hal yang perlu dijauhkan dari jangkauan anak, atau hal yang perlu dihindari.

Jauhkan Bahan Berbahaya

Minimalisir penggunaan bahan kimia di rumah seperti penggunaan racun serangga, racun tikus, obat nyamuk, cairan kimia yang keras seperti pembersih lantai, cairan pemutih baju, dsb.  Barang – barang tajam juga perlu dijauhkan dari jangkauan anak seperti paku, pisau, palu, stepler, gunting, dsb.

Jauhkan dari  sumber penyakit

Hindari asap rokok

Sudah kita ketahui bersama bahwa asap rokok sangat berbahaya bagi kita. Hindarkan anak kita dari paparan asap rokok.

Hindari kontak langsung dengan orang sakit

Beberapa sumber penyakit seperti batuk, pilek, diare, tbc, dan penyakit menular lain  yang dapat menyebar melalui kontak langsung. Maka sebaiknya kita menghindarkan anak kita dari tetangga atau teman yang sakit. Jika kita membesuk keluarga atau teman ke rumah sakit sebaiknya tidak membawa anak kita, karena di rumah sakit inilah banyak sumber penyakit.

Jaga Kebersihan Diri Anak

Jaga agar tangan tetap bersih

Mencuci tangan secara teratur akan membantu menghilangkan kuman yang dapat menyebabkan anak sakit. Kita perlu membiasakan anak untuk mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun terutama sebelum makan. Ini mungkin terlihat sederhana tetapi sebenarnya kebiasaan ini dapat membuat anak terhindar dari kuman penyakit, karena mencuci tangan dengan benar akan mencegah penyebaran kuman masuk mCara agar anak tidak mudah sakit elalui mulut yang dapat menyerang sistem pernafasan dan pencernaan.

Menggosok Gigi Setiap Hari

Kebiasaan seperti rutin menggosok gigi akan menghindarkan anak dari sakit gigi dan kerusakan gigi. Kebiasaan ini perlu ditanamkan sejak dini agar tercipta kebiasaan yang baik. Terutama setelah makan dan sebelum tidur. Serta kunjungi dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan gigi anak minimal 6 bulan sekali.

Mandi

Mandi dapat membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri yang menempel. Dengan mandi teratur akan membuat kulit sehat terhindar dari berbagai penyakit, terutama penyakit kulit seperti panu, jamur, dan gatal – gatal.

Memotong Kuku

Biasakan memotong kuku anak, atau mengajari anak memotong kuku pada saat dia telah cukup umur. Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling banyak kontak langsung dengan berbagai benda dan rawan terkena kuman dan bakteri. Pada saat anak memegang makanan dengan kuku kotor, inilah yang dapat menyebabkan kuman masuk ke dalam mulut dan menjadi sumber penyakit. Memotong kuku dapat dilakukan secara rutin agar kuku tangan dan kaki tetap sehat dan bersih dan menghindarkan anak dari berbagai penyakit.

Kesimpulan: Cara agar anak tidak mudah sakit

Perlu upaya cara agar anak tidak mudah sakit, perhatian dari orang tua dalam merawat dan mengajarkan anak sangat dibutuhkan supaya anak memiliki gaya hidup sehat, mulai dari makanan, kebersihan pribadi, serta olahraga. Keluarga adalah tempat pertama anak mendapatkan kebiasaan baik ini. Dari hal – hal serta kebiasaan kecil ini akan membuat anak selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Kembali ke beranda.

Adi Pramono

Web developer Bali, Indonesia. My name is Adi Pramono, a fulltime WordPress web developer based in Bali, Indonesia. I am originally come from Palangkaraya, Borneo Island, Indonesia. I believe that website is important in today’s world and a basic need for future businesses. Mail me if you need someone for your web project: info@adipramono.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top