skip to Main Content
Cara Memilih Baju Untuk Bayi Baru Lahir

Cara Memilih Baju untuk Bayi Baru Lahir

Cara memilih baju untuk bayi – Mendekati persalinan, tentu saja perasaan seorang ibu akan campur aduk. Rasa tegang menunggu kelahiran buah hati dapat membuat ibu gugup dan panik. Maka dari itu, ibu dituntut untuk dapat mengelola pikiran dan menghindari stres berlebihan sehingga persalinan dapat berjalan dengan lancar. Ada baiknya ibu mengelola pikiran dengan membuat daftar keperluan yang penting pada saat sebelum dan sesudah melahirkan sehingga tekanan dan rasa tegang menjelang bersalin dapat teralihkan.

Baju bayi adalah salah satu hal paling penting dalam persiapan melahirkan. Baju bayi yang dipajang di toko dan bertaburan di toko-toko online tentu saja membuat orangtua menjadi gemas membayangkan bayinya menggunakan baju lucu tersebut. Namun terkadang orangtua membeli berlebihan dan tidak memperhatikan hal lain selain kelucuan baju tersebut. Hakikat baju sebagai pelindung tubuh bayi jangan sampai terlupakan karena model lucu yang sebenanrnya tidak nyaman dipakai. Sebelum terlambat dan mubazir, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips untuk memilih baju bayi berikut ini.

Pilihlah baju yang berkualitas

Bayi memang tidak memahami merek baju atau bahan kain yang dipakaikan kepadanya, namun orangtua harus jeli dalam memilih jenis kain. Tidak dapat disangkal semua orang menginginkan baju yang bagus dan nyaman namun terjangkau karena harga baju bayi memang terkenal lumayan menguras kantong. Harga murah atau mahal belum tentu menjamin kualitas baju. Sebaiknya Anda jangan cepat-cepat tergiur diskon atau harga murah yang ditawarkan, baik yang di toko offline maupun online. Merek tertentu dapat menawarkan baju dengan desain yang lucu, namun belum tentu jenis bahannya bersahabat dengan kulit bayi. Kualitas bahan pakaian haruslah menjadi yang pertama diprioritaskan ketika memilih baju. Perhatikan pula apakah baju tersebut memiliki sertifikat standar baju bayi, untuk memastikan bahannya aman dan nyaman.

Hindari memilih bahan pakaian yang terbuat dari nilon, jins, atau parasut karena jenis kain ini tidak menyerap keringat dengan baik dan membuat bayi kegerahan. Bayi yang rentan berkeringat akan mengundang bakteri dan gesekan kain pada kulit dapat membuat ruam atau iritasi. Pakaian dengan bahan 100% katun masih merupakan pilihan terbaik karena bahannya halus, lembut dan cepat menyerap keringat dengan baik.

Jangan membeli dalam jumlah terlalu banyak atau sedikit di awal

Hal yang sering terjadi pada orangtua baru adalah tidak tahan membayangkan betapa lucunya bayi yang dibalut dengan pakaian dengan beragam model dan warna. Persediaan baju bayi memang semakin banyak, namun apakah hal ini berarti baik? Sebaiknya usahakan agar tidak membeli terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tidak semua baju akan terpakai apabila kebanyakan dan akan mubazir jika hanya disimpan di lemari saja. Begitu pula jika terlalu sedikit, Anda akan kerepotan mencuci baju bayi karena bayi akan kehabisan pakaian dengan cepat. Sisi keuntungan lainnya dengan tidak membeli terlalu banyak adalah Anda akan memiliki alasan untuk jalan-jalan ke toko baju bayi atau menjelajah toko online tanpa harus keluar rumah.

Pertimbangkan pertumbuhan bayi

Bayi baru lahir akan tumbuh dengan sangat cepat sehingga baju mungkin hanya akan dipakai di beberapa bulan pertama saja. Sebagian besar waktu bayi hanya akan digunakan untuk berbaring dan tidur. Baju bayi telah tersedia dari umur 0 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan seterusnya sehingga orangtua tidak akan kesulitan memilih ukuran. Jika ukuran baju terlalu pas, seiring pertumbuhan bayi baju tersebut akan terlalu ketat dan sempit. Ada baiknya membeli ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran tubuh si bayi jika Anda tidak ingin repot membeli baju berulang-ulang ke toko. Namun jangan sampai kebesaran juga sehingga membuat terlalu banyak rongga yang membuat bayi kedinginan. Untuk antisipasi, sebaiknya belilah beberapa ukuran baju karena Anda belum tentu dapat menebak ukuran pasti bayi Anda di dalam kandungan.

Utamakan kenyamanan ibu dan bayi

Model pakaian memang dijadikan nomor sekian, namun juga harus diperhatikan. Model yang lucu dan bagus memang membuat bayi terlihat menggemaskan. Tetapi kembali lagi ke esensi baju, penggunaannya haruslah nyaman dan tidak membuat repot yang memakai atau memakaikan. Belilah pakaian dengan potongan normal dan sederhana yang tidak mengganggu aktifitas bayi. Pilihlah pakaian bayi yang tidak memiliki kerah atau terlalu banyak renda karena pakaian model ini membuat bayi risih dan menganggu pergerakannya. Bayi pun akan sering buang air, jadi sebaiknya pilihlah pakaian yang gampang dilepaskan oleh ibu agar segera cepat dibersihkan. Jangan membeli banyak pakaian dengan pengait baju berbahan logam dan terlalu banyak aksesoris agar tidak berbahaya bagi kulit bayi dan mengurangi risiko tertelan.

Selalu awasi penggunaan baju bayi

Ketika digunakan, selalu awasi penggunaan pakaian. Perhatikan bayi Anda, apakah baju tersebut luntur pada saat dipakai? Jika iya, hentikan pemakaian karena pewarna pakaian dapat berubah menjadi racun untuk bayi. Perhatikan juga kondisi kulit bayi setelah beberapa saat menggunakan pakaian, apakah bayi Anda menggaruk-garuk dan berubah menjadi rewel? Anda dapat mengujinya dengan mengganti baju tersebut. Jika bayi berhenti menggaruk dan rewel, kemungkinan ia merasa risih dan tidak nyaman dengan pakaiannya. Saat akan mandi, telusuri setiap inci bagian permukaan tubuh bayi Anda terutama bagian lipatan-lipatan yang terkena gesekan baju. Jika terdapat bintik merah, ruam atau iritasi, segera hentikan pemakaian. Terakhir, cucilah pakaian bayi Anda dengan deterjen yang tidak menggunakan pewangi berlebihan dan zat-zat aditif berbahaya. Bayi sangat suka mengemut ujung pakaian dan wewangian dari pengharum atau deterjen dapat terhirup oleh bayi. Belilah deterjen dan pewangi pakaian yang sudah teruji aman bagi bayi.

Kesimpulan

Memilih pakaian bayi baru lahir adalah kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan oleh orangtua sebelum menyambut malaikat kecil mereka ke dunia. Apalagi di zaman yang serba canggih sekarang, hanya dengan melihat layar dan mengklik beberapa tombol, baju yang diinginkan akan segera tiba di depan pintu Anda. Tidak perlu pergi keluar rumah. Baik toko online maupun offline, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal di atas sebelum pergi berbelanja agar hemat dalam keuangan, pakaian yang Anda beli tidak mubazir dan aman bagi tumbuh kembang bayi. Selamat berbelanja ria!

 

Adi Pramono

Web developer Bali, Indonesia. My name is Adi Pramono, a fulltime WordPress web developer based in Bali, Indonesia. I am originally come from Palangkaraya, Borneo Island, Indonesia. I believe that website is important in today’s world and a basic need for future businesses. Mail me if you need someone for your web project: info@adipramono.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top