skip to Main Content
Cara Mengajarkan Anak Membaca

Cara Mengajarkan Anak Membaca

belajar membaca – Setiap orangtua berharap anaknya untuk dapat membaca sejak usia dini. Betapa bangganya orangtua ketika anak dapat membaca dengan lancar sebelum masuk sekolah dasar. Sebagian orangtua merasa mengajarkan anak membaca sedari kecil adalah sebuah keharusan karena beberapa sekolah favorit pun akan mewajibkan calon siswanya untuk sudah dapat membaca.

Namun ada banyak kendala yang menyebabkan anak sulit untuk belajar membaca dan hal ini membuat para orangtua agak frustrasi. Membaca adalah hal yang mudah bagi orang dewasa, namun untuk mengajarkannya adalah persoalan lain. Para orangtua harus ekstra sabar saat membimbing buah hati tercinta, apalagi jika anaknya aktif secara fisik. Jika orangtua merasa kewalahan dalam mengajarkan membaca, rasa frustrasi akan muncul hingga akhirnya anak malah membuat orangtua kehilangan kesabaran. Ini dapat merusak mood anak dan tentunya orangtua juga yang menyebabkan anak malah malas bahkan tidak mau belajar membaca.

Supaya proses belajar membaca dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan, ada baiknya para orangtua memperhatikan beberapa tips untuk mengajarkan anak membaca dengan cepat dan mudah berikut ini.

Belajar membaca melalui buku cerita atau sambil bercerita

Anak-anak biasanya tertarik belajar secara visual. Buku cerita bergambar dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengajarkan anak belajar membaca. Gambar yang penuh warna dan beberapa kalimat di dalamnya dapat membantu anak untuk mengenal perbendaharaan kata baru pada tahap awal. Setelah anak menghapal setiap kata yang ada di dalam buku, Anda dapat mulai mengajarkan anak membaca untaian kata-kata tersebut menjadi kalimat. Dengan demikian, anak bukan saja hanya membaca namun juga dapat memahami dan menceritakan apa yang terjadi di dalam cerita.

Belajar membaca menggunakan media flashcard

Flashcard atau kartu baca adalah kartu yang memiliki gambar dan kata. Flashcard sangat disukai oleh anak-anak karena dengan bantuan media ini kegiatan belajar membaca jauh lebih menyenangkan. Flashcard pun memiliki tema yang bermacam-macam, seperti angka, tumbuhan, hewan ternak, hewan peliharaan, buah-buahan, sayuran, dan sebagainya. Dengan beragam tema yang ditawarkan oleh flashcard, Anda dapat mengajarkan anak membaca sekaligus memahami konteks dari bacaan yang mereka pelajari.

Belajar membaca menggunakan lagu

Metode ini adalah metode menyenangkan yang dapat Anda gunakan jika anak Anda kelewat aktif. Selain mudah, lagu yang menarik akan membuat anak cepat mengingat kata-kata secara efektif. Dengan bernyanyi bersama, orangtua dapat mengajarkan kosakata dengan beragam tema. Keinginan anak untuk melatih motorik kasarnya pun akan tersalurkan namun tujuan belajar membaca tetap tercapai.

Belajar membaca melalui media elektronik

Lajunya perkembangan zaman memang tidak dapat dibendung oleh para orangtua yang hidup di era yang serba canggih dewasa ini. Gadget seperti smartphone, tablet, atau laptop dapat menjadi sarana untuk mengajarkan membaca pada anak. Orangtua dapat mengunduh aplikasi edukasional yang dapat digunakan untuk belajar membaca. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan media elektronik ini harus berada di bawah pengawasan orangtua dan sesinya harus dibatasi karena jika terlalu lama menggunakannya dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak, baik itu mental maupun fisik.

Kesimpulan

Anak-anak usia dini masih sangat senang bermain. Orangtua tidak dapat mengharapkan mereka duduk tenang untuk memperhatikan apa yang diajarkan. Sebagai orangtua yang bertindak sebagai guru, Anda harus memahami dunia mereka dan menyesuaikannya ke dalam metode pembelajaran. Memaksakan anak cepat bisa membaca akan membuat mereka merasa terbebani sehingga tidak ada motivasi untuk belajar. Jika Anda berhasil membujuk anak belajar, pahami juga berapa lama anak dapat berkonsentrasi karena umumnya rentang waktu perhatian anak hanya berkisar 5 – 7 menit saja. Usahakan Anda selalu konsisten setiap hari dalam mengajarkan anak dan berikan pujian serta sesekali hadiah ketika dia berhasil. Niscaya anak akan senang belajar membaca setiap harinya.

Adi Pramono

Web developer Bali, Indonesia. My name is Adi Pramono, a fulltime WordPress web developer based in Bali, Indonesia. I am originally come from Palangkaraya, Borneo Island, Indonesia. I believe that website is important in today’s world and a basic need for future businesses. Mail me if you need someone for your web project: info@adipramono.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top