skip to Main Content
Mengajari Anak Menyikat Gigi

Mengajari Anak Menyikat Gigi

Mengajari anak menyikat gigi adalah hal yang susah-susah gampang. Bukannya anak tidak mengetahui caranya, hanya saja mereka malas ketika dipaksa untuk melakukannya. Kegiatan ini menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi mereka. Di sisi lain, menyikat gigi sangat penting untuk menjaga gigi dan mulut agar tetap bersih dan sehat.

Penting untuk memulai perawatan mulut pada usia dini, bahkan sejak mereka masih bayi. Mempelajari kebiasaan menjaga kebersihan gigi dan mulut yang baik pada usia muda sangat penting untuk kesehatan mulut jangka panjang. Orangtua dapat mengajari anak-anak mereka cara menyikat gigi dan membersihkan mulut dengan mengambil beberapa langkah berikut yang dilansir dari colgate.

Kapan Anak Mulai Menyikat Gigi

Kebersihan mulut yang baik harus dimulai pada usia dini. Mulut bayi dapat dibersihkan setelah menyusui. Mulailah dengan menggendong kepala dengan satu tangan saat menggunakan tangan Anda yang bebas untuk menyeka mulut bayi dengan kain basah yang bersih, lap basah atau lap xylitol. Gigi anak harus disikat segera setelah gigi pertama tumbuh.

Tips Menyikat Gigi Secara Umum

Sikatlah gigi bayi dengan membasahi sikat gigi yang lembut dan sesuai usia dengan air. Jika pasta gigi fluoride dipertimbangkan sebelum ulang tahun pertama anak, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada dokter gigi atau dokter anak.

Jika pasta gigi dengan fluoride digunakan untuk anak-anak yang memiliki risiko sedang atau tinggi untuk kerusakan gigi, oleskan sedikit pasta gigi yang tidak lebih dari ukuran biji jagung (untuk anak kurang dari 2 tahun) dan sebesar biji jagung (untuk anak usia 2–5 ​​tahun) pada sikat gigi. Orangtua harus menyikat gigi balita di kamar mandi sementara anak yang lebih besar dapat mencontoh orangtuanya.

Anak-anak usia 6-8 tahun mungkin mampu menyikat sendiri. Orang tua harus memeriksa anak mereka jika tidak yakin apakah anak mereka melewatkan area tertentu di mulut. Ajak anak Anda untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam, dengan sikat gigi berbulu lembut. Bulu yang lebih keras mungkin terlalu kasar untuk anak kecil. Sikat gigi bertenaga baterai juga dapat digunakan karena sikat gigi tersebut dapat dengan lembut menghapus plak yang lengket dari gigi dan gusi.

Sikat gigi anak Anda harus diganti setiap tiga hingga empat bulan, atau lebih cepat jika sudah usang atau compang-camping. Mengganti sikat gigi setelah pilek atau flu juga merupakan ide yang baik untuk menghindari pengenalan kembali kuman yang terkait dengan kondisi tersebut.

Balita (kurang dari 2 tahun) harus meludahkan pasta gigi sebaik mungkin setelah menyikat gigi dengan bimbingan orangtua karena mereka mempelajari proses meludah pada usia ini dan penambahan fluoride akan meningkatkan lapisan email gigi menjadi lebih kuat. Anak-anak (usia 2 – 5 tahun) dapat berkumur dengan sedikit air setelah menyikat gigi.

Langkah-langkah untuk Menyikat Gigi

Karena anak kecil mungkin tidak tahu cara menggosok gigi dengan benar, orangtua harus memberikan bantuan. Orang tua dapat mengajari anak-anak mereka cara menyikat gigi dengan mengikuti langkah-langkah penting berikut:

Langkah 1: Untuk menyikat gigi anak-anak dengan benar, orangtua atau anak harus menyudutkan sikat gigi berbulu halus 45 derajat ke arah gusi gigi atas dan bawah.

Langkah 2: Sikat gigi harus berpindah dengan lembut dalam gerakan mundur dan maju dengan sikatan pendek sepanjang gigi dan gusi. Teknik ini harus dilanjutkan di sepanjang setiap permukaan dalam dan luar gigi dengan cara yang sama.

Langkah 3: Ujung kuas harus ditempatkan dalam posisi tegak untuk menjangkau di belakang gigi depan di bagian atas dan bawah.

Langkah 4: Sikat lidah untuk menghilangkan bakteri di permukaan.

Kesimpulan

Menyikat gigi adalah satu hal penting yang berkelanjutan sepanjang hayat. Kunjungan gigi rutin dapat dan harus dimulai sedini mungkin, sekitar enam bulan setelah gigi pertama tumbuh atau setelah ulang tahun pertama anak. Ketika seorang anak diajarkan keterampilan baru pada usia dini, ia cenderung melanjutkan perilaku ini sepanjang masa dewasanya. Mengajarkan teknik menyikat gigi yang tepat penting untuk mengembangkan kebiasaan kebersihan mulut yang baik. Anak Anda masih malas? Berikanlah pengertian betapa pentingnya menyikat gigi dan ajaklah ia menggosok gigi secara teratur mulai dari sekarang. Jika Anda melakukan hal ini, niscaya anak Anda tidak akan sering pergi ke dokter gigi dengan keluhan sakit gigi.

 

Adi Pramono

Web developer Bali, Indonesia. My name is Adi Pramono, a fulltime WordPress web developer based in Bali, Indonesia. I am originally come from Palangkaraya, Borneo Island, Indonesia. I believe that website is important in today’s world and a basic need for future businesses. Mail me if you need someone for your web project: info@adipramono.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top