skip to Main Content
Tanda Hamil Beberapa Pertanda Awal Kehamilan

Tanda Hamil Beberapa Pertanda Awal Kehamilan

Tanda hamil – Telat datang bulan, apakah Anda bertanya-tanya mungkinkah hamil? Salah satu cara untuk mengetahui secara pasti adalah melakukan test kehamilan.

Tetapi, ada pertanda awal yang mengarah pada kemungkinan kehamilan.

Apakah Semua Wanita Mendapatkan Gejala Awal Tanda Hamil?

Setiap wanita berbeda dan begitu juga pengalaman dalam kehamilan. Tidak semua wanita memiliki gejala yang sama dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya.

Juga, gejala awal kehamilan sering meniru gejala yang mungkin anda alami sebelum dan selama menstruasi, Anda mungkin tidak menyadari bahwa anda sedang hamil.

Berikut ini adalah deskripsi beberapa gejala awal kehamilan yang paling umum. Anda harus tahu bahwa gejala ini mungkin disebabkan oleh hal lain selain hamil. Jadi fakta bahwa Anda melihat gejala ini tidak serta merta berarti anda sedang hamil. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan tes kehamilan.

 

Bercak Darah dan Kram Perut Tanda Hamil

Setelah pembuahan, sel telur yang dibuahi menempel ke dinding rahim. Hal ini dapat menyebabkan salah satu tanda awal kehamilan – bercak darah, dan kadang kram perut.

Ini disebut pendarahan implantasi. Ini dapat terjadi antara 6 hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi.

Tanda awal kehamilan biasanya ditandai dengan nyeri perut bagian bawah serta panggul yang biasa disebut kram perut yang menyerupai nyeri menstruasi. Beberapa wanita salah mengira bercak pada awal menstruasi. Namun, tanda – tanda kehamilan biasanya terdapat bercak darah dan kram menyerupai mestruasi.

Selain bercak darah, seorang wanita mungkin memperhatikan cairan putih susu dari vaginanya. Itu terkait dengan penebalan dinding vagina, yang dimulai segera setelah pembuahan.

 

Terasa Ada Perubahan Pada Payudara

Perubahan payudara merupakan tanda kehamilan yang umumnya terlihat. TingkatĀ  produksi hormon estrogen dan progesteron wanita meningkat dengan cepat berubah setelah konsepsi.

Karena perubahannya, maka payudara akan membesar dan kencang,serta nyeri saat disentuh. Daerah di sekitar puting susu, yang disebut areola, akan berubah warna menjadi agak lebih gelap dan kadang terasa gatal.

Selain itu, mengalami peningkatan hormon HPL (Human Placenta Lactogen). Hormol tersebut membantu payudara untuk mempersiapkan ASI. Jika perubahan ini adalah gejala awal kehamilan, ingatlah bahwa akan memakan waktu beberapa minggu untuk terbiasa dengan kadar hormon baru.

 

Mudah Kelelahan Adalah Salah Satu Tanda Hamil

Merasa cepat lelah adalah salah satu anda awal kehamilan. Seorang wanita bisa merasa mudah lelah segera satu minggu setelah hamil.

Mengapa? Ini sering dikaitkan dengan tingkat hormon progesteron yang berubah di dalam tubuh, walaupun hal-hal lain – seperti kadar gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan dorongan produksi sel darah – semuanya dapat berkontribusi.

Jika kelelahan ini berhungan dengan kehamilan, penting untuk beristirahat. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan zat besi dapat membantu mengimbanginya.

 

Rasa Mual di Pagi Hari

Mual di pagi hari atau sering disebut morning sicknessĀ  adalah gejala awal kehamilan yang sangat umum terjadi. Tetapi tidak setiap wanita merasakan ini di masa awal kehamilan mereka.

Penyebab rasa mual pagi hari ini dapat terjadi kapan saja, namun paling sering di pagi hari.

Beberapa wanita, kadang tidak tahan, atau tidak suka akan makanan tertentu. Itu juga terkait dengan perubahan hormon. Efeknya bisa begitu kuat sehingga kadang yang dulu adalah makanan favorit bisa membuat mual.

Rasa mual, atau tidak suka dengan makanan tertentu ini bisa saja berlangsung selama masa kehamilan. Sementara itu, pastikan untuk makan makanan yang sehat sehingga bayi yang sedang berkembang tetap mendapatkan nutrisi penting. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai hal ini. Mendapatkan saran terbaik bagaimana agar gizi ibu dan anak tercukupi walaupun anda mungkin enggan dan mual terhadap makanan tertentu.

 

Sering Buang Air Kecil

Perubahan saat hamil juga biasanya sering buang air kecil, ini dikarenakan terjadinya pembesaran rahim hingga menekan kandung kemih, sehingga frekuensi buang air kecil meningkat. Selain itu, peningkatan frekuensi buang air kecil dikarenakan perubahan hormon kehamilan.

 

Sembelit

Selama masa kehamilan, kadar hormon progesteron yang lebih tinggi dapat membuat anda mengalami konstipasi. Progesteron dapat menyebabkan makanan lewat lebih lambat melalui usus Anda. Untuk meringankan masalah ini, minumlah banyak air putih, olahraga ringan, dan banyak makanan yang berserat tinggi.

 

Sakit Kepala dan Punggung

Banyak ibu hamil sering merasa sakit kepala ringan bisa di karenakan kurang tidur,depresi,stress sebagai pemicunya.nyeri bagian punggung di awal kehamil dikarenakan bertambahnya berat badan dari biasanya,perkembangan bayi,perbuahan postur tubuh dan perubahan hormon.

 

Mudah Lelah dan Sering Mengantuk

Selain peningkatan hormon, tingkat kinerja organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan paru – paru semakin meningkat. Organ vital ini tidak hanya memenuhi kebutuhan ibu hamil saja, namun juga untuk memenuhi kebutuhan perkembangan janin. Semakin besar usia janin semakin besar juga tingkat kerja organ vital ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya mengurangi aktivitas dan banyak istirahat agar tidak mudah lelah dan sering mengantuk.

 

Sering Meludah

Salah pertanda awal kehamilan lain yang dialami ibu hamil adalah perasaan sering ingin meludah. Ini terjadi dikarenakan peningkatan kadar hormon progresteron, sehingga produksi ludah meningkat hingga membuat ibu hamil selalu ingin meludah.

 

Kesimpulan Tanda Awal Kehamilan

Seorang wanita hamil dapat memiliki semua gejala di atas, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala. Jika ada gejala yang sangat menggangu dan mempengaruhi janin dan ibu hamil, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan anda tentang hal itu sehingga anda mendapatkan solusi terbaik.

Kembali ke beranda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top