skip to Main Content
Tips Memilih Kado Ulang Tahun Untuk Balita

Tips Memilih Kado Ulang Tahun Untuk Balita

Ulang tahun merupakan momen kebahagiaan tersendiri baik bagi anak maupun orangtua. Bayangkan wajah bahagia mereka ketika menerima dan membuka kadonya. Tidak ingin membuat balita Anda kecewa, tentu Anda bingung ingin memberikan hadiah apa saat ulang tahunnya nanti. Kado tersebut haruslah istimewa dan berkesan. Kenyataannya, anak-anak di usia balita memiliki energi tinggi dan aktif bahkan cenderung agresif. Tapi jangan khawatir, Anda dapat memberikan balita hadiah yang dapat membantu melatih kemampuan motorik, kognitif, dan kepriabdian mereka agar semakin berkembang.

Kado ulang tahun yang baik adalah kado yang sesuai dengan usia balita, dengan harapan pemberian tersebut dapat merangsang kreatifitas dan daya khayal anak. Rasa ingin tahu balita harus disalurkan dengan cara bermain. Selain itu, balita juga merasakan kasih sayang orangtua melalui kado tersebut. Kira-kira seperti apa hadiah ulang tahun yang ideal? Berikut ini adalah beberapa pilihan kado yang dapat Anda pertimbangkan untuk hari istimewa balita Anda.

Mainan Alat Musik

Di toko-toko mainan sudah sangat banyak tersedia berbagai macam alat musik plastik. Bentuknya pun lucu dan beragam, seperti gitar, piano, seruling, drum, dan sebagainya. Mainan yang berbentuk alat musik cocok untuk dijadikan hadiah ulang tahun karena mereka mendapatkan kebebasan untuk mengembangkan jiwa seni lewat nada dan bermacam-macam jenis bunyi. Aktifitas memainkan alat musik ini juga dapat membentuk keterampilan sosial dan emosional balita. Dengan demikian, orangtua dapat membantu tumbuh kembang balita dalam kreatifitas bermusiknya. Mungkin saja mereka malah menemukan bakat terpendamnya melalui mainan alat musiknya.

Sepeda Roda Tiga

Sepeda roda tiga sepertinya adalah impian setiap anak yang ingin bebas bepergian ke sana kemari. Mainan yang termasuk dalam kategori ini bertujuan untuk mendorong anak supaya lebih aktif dan mengajarinya risiko-risiko dalam kehidupan sehari-hari, maka pengawasan orang tua sangat diharapkan. Sepeda roda tiga cocok untuk dipilih sebagai kegiatan di luar rumah. Balita dapat mengembangkan kemampuan motorik kasarnya dengan belajar mengayuh sepeda. Bukan berarti orangtua asal memilih sepeda saja, ada beberapa pertimbangan agar tidak membahayakan anak. Pilihlah model yang seimbang dan stabil agar balita tidak mudah jatuh dari sepeda pada saat bermain. Anda dapat memilih sepeda yang memiliki wadah untuk menyimpan sesuatu agar balita dapat membawa benda favoritnya yang lain dan juga disertai beberapa tombol yang menghasilkan bunyi sehingga orangtua dapat mengetahui keberadaan anak. Terlebih baik lagi jika terdapat dorongan di belakang sepeda yang berfungsi sebagai bantuan dorongan dari orangtua jika anak terlalu lelah untuk mengayuh.

Mainan Susun Balok

Lego adalah mainan susun yang popularitasnya sangat meningkat belakangan ini. Namun sebelum lego populer, ada mainan susun balok yang dapat dibangun menjadi bercamam-macam bentuk. Mainan ini dapat terbuat dari bahan plastik maupun kayu yang aman untuk bermain bagi anak-anak. Ini merupakan satu mainan edukatif favorit anak yang terbukti berhasil mengasah kemampuan motorik, kognitif, dan karakter anak seperti mengenali aneka bentuk, melatih kesabaran dan emosi anak, serta mengembangkan kreatifitas dan daya khayal anak untuk menciptakan beragam bentuk sesuai keinginannya. Mainan ini tentunya sangat populer di seluruh dunia. Ada beberapa jenis mainan susun balok yang bisa Anda dapatkan untuk si buah hati, antara lain balok susun huruf atau angka, buah, bangunan, dan berbagai macam variasi lainnya.

Boneka

Boneka tidak hanya populer di kalangan anak-anak saja, orang dewasa pun masih banyak yang sangat menyukai boneka. Boneka seakan menjadi mainan yang tidak ada bosannya bagi anak-anak untuk dimainkan. Biasanya boneka sudah ada ketika bayi baru lahir yang dijadikan sebagai teman tidur maupun sebagai pemanis sudut tempat tidur atau ruang bayi. Boneka memang identik dengan anak perempuan, namun anak laki-laki juga boleh bermain dengan boneka. Tentu saja jenisnya disesuaikan dengan jenis kelaminnya. Jika anak perempuan mendapat boneka teddy bear atau boneka putri yang cantik, Anda dapat memberikan boneka berbentuk hewan atau superhero pada anak laki-laki. Boneka yang paling populer adalah yang dapat mengeluarkan bunyi jika ditekan. Suara tersebut dapat berupa kata, frasa, atau kalimat sederhana dengan tema bervariasi mulai dari alphabet, lagu, bilangan, hingga berbagai macam suara binatang. Dengan demikian, balita Anda dapat berlatih kosakata baru melalui boneka tersebut. Balita juga dapat mengembangkan kemampuan bersosialnya dengan bermain peran bersama boneka.

Buku Cerita Bergambar

Di usia yang sangat dini, orangtua mungkin berpikir bahwa kegiatan membaca belum penting untuk diajarkan kepada balita. Namun belakangan ini para orangtua telah paham akan pentingnya memperkenalkan buku sejak dini pada anak-anak demi perkembangan literasi mereka di masa depan. Jadi, tidak ada salahnya mengajarkan anak membaca. Anak usia balita memang masih belum dapat membaca, sehingga orang tualah yang berperan untuk membacakan kisah-kisah untuk anaknya. Tujuannya adalah memperkenalkan anak betapa menyenangkannya kegiatan membaca. Orangtua harus mencari buku yang memang dikhususkan buat anak balita. Umumnya buku untuk balita berisi banyak gambar dan sedikit tulisan dengan huruf yang cukup besar. Hadiah berupa board book dapat menjadi pilihan terbaik Anda untuk melatih daya imajinasi anak ketika Anda menceritakan sesuatu. Board book memiliki beragam cerita, baik tentang hewan, serangga, buah, bunga, alat transportasi, dan lain-lain dan tentunya dengan gambar yang menarik juga. Buku cerita bergambar ada pula yang dilengkapi dengan tekstur sehingga akan terasa berbeda ketika diraba. Buku ini cocok untuk melatih anak merasakan permukaan-permukaan yang beragam.

Kesimpulan

Memilih kado untuk si kecil terkadang membuat bingung para orangtua. Sebagai orangtua yang ingin selalu membahagiakan anak, Anda tentu tidak ingin hadiah yang mengecewakan atau membahayakan anak. Untuk itu, lakukanlah beberapa saran ini. Anda dapat memilih mainan yang dapat memfasilitasi perkembangan motorik halus dan kasar anak, yaitu mainan yang melibatkan aktivitas fisik. Untuk aspek kognitif, Anda dapat memilih hadiah dengan tema bahasa yang memiliki banyak kosakota, menghitung, serta mengelompokkan benda. Selain itu hadiah tersebut juga harus dapat merangsang anak untuk mengembangkan imajinasi, kemandirian, dan tanggung jawab untuk mengatur sesuatu. Balita pun perlu untuk mengembangkan jiwa sosialnya, sehingga pilihlah mainan yang dapat dimainkan bersama dengan teman-temannya.

Di samping jenis mainan, perhatikan juga hal-hal seperti bahan-bahan mainan yang tidak mengandung racun jika termakan. Selalu usahakan untuk memilih mainan yang berukuran agak besar karena jika terlalu kecil bisa berisiko tertelan oleh anak. Pastikan Anda memilih mainan yang mudah dicuci agar selalu bersih, sebab anak kecil suka memasukkan mainan dalam mulut. Jika hadiah bukan untuk anak Anda tapi anak orang lain, sebisa mungkin konsultasikan dulu dengan orang tua si anak.

Semoga rekomendasi kado untuk balita di atas dapat membantu Anda yang sedang mencari hadiah untuk balitanya yang akan berulang tahun. Namun jangan lupa, selalu luangkan waktu dan dampingi anak Anda saat bermain karena mainan tidak akan dapat menggantikan peran orangtua. Dengan adanya orangtua di samping anak, mereka akan merasa aman dan disayangi. Nah, selamat memilih kado, Ayah dan Bunda!

Adi Pramono

Web developer Bali, Indonesia. My name is Adi Pramono, a fulltime WordPress web developer based in Bali, Indonesia. I am originally come from Palangkaraya, Borneo Island, Indonesia. I believe that website is important in today’s world and a basic need for future businesses. Mail me if you need someone for your web project: info@adipramono.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top