skip to Main Content
Tips Memilih Kado Untuk Bayi Baru Lahir

Tips Memilih Kado untuk Bayi Baru Lahir

Tips memilih kado – Kelahiran buah hati adalah momen istimewa yang mengharukan. Setelah kerabat atau sahabat Anda melewati proses persalinan yang mempertaruhkan nyawa dan berhasil melahirkan dengan selamat, tentu saja kehadiran malaikat kecil ini ke dunia harus dirayakan. Ada baiknya Anda turut bergembira dengan membawakan hadiah sebagai simbol untuk kebahagiaan yang mereka rasakan.

Memilih kado sendiri bukanlah perkara gampang. Jika Anda tidak mempertimbangkan pilihan-pilihan kado sebelum membeli, maka Anda akan kebingungan saat berada di toko atau berbelanja online. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti jenis kelamin bayi yang baru lahir, estimasi biaya hadiah, manfaat barang tersebut untuk orangtua maupun bayi, perlengkapan apa yang telah dimiliki oleh orangtua, dan lain-lain. Nah, berikut ini adalah tips yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli kado untuk bayi baru lahir.

Biaya pembelian kado

Hadiah untuk bayi terkadang cukup merogoh kocek, namun Anda tentu ingin membuat momen yang indah ini berkesan dengan kado yang Anda berikan. Jika Anda merasa biaya terlalu berat dan tidak sesuai anggaran, Anda dapat membawa keluarga atau teman yang lain untuk membeli kado bersama-sama. Dengan demikian, biaya pembelian kado akan lebih ringan. Tidak perlu terlalu mahal, namun berkualitas dan tahan lama. Lain halnya jika pasangan yang berbahagia tersebut adalah keluarga dekat Anda seperti adik, kakak, atau sahabat dekat, sebaiknya Anda sejak jauh-jauh hari mempersiapkan biaya untuk pembelian kado agar terkesan lebih pribadi dan spesial. Anda tidak perlu memberikan kado terlalu mewah, keren, ataupun keluaran baru, karena bagi orangtua yang berbahagia niat Anda sudah membuat mereka senang dan yang terpenting kado tersebut bermanfaat.

Pastikan jenis kelamin bayi

Hal yang pasti ditanyakan setelah bayi lahir adalah jenis kelamin. Jika Anda telah mengetahui jenis kelamin bayi, baik itu laki-laki atau perempuan, Anda telah mengurangi kebingungan Anda ketika memilih kado. Jenis kelamin mempengaruhi pilihan warna dan jenis kado yang ingin diberikan. Biasanya ketika bayi perempuan yang lahir, nuansa warna umum yang diberikan adalah warna-warna feminim seperti merah muda, putih, atau krim. Pilihan hadiah pun beragam, seperti bandana mungil untuk menghiasi kepala, pakaian atau selimut bayi yang lucu dan lembut. Apabila bayinya laki-laki, biasanya tersedia warna-warna seperti biru, hijau muda, atau abu-abu dan Anda dapat memberikan mainan untuk menghiasi tempat tidur, pakaian bayi, atau selimut yang sesuai dengan tema anak laki-laki.

Pastikan perlengkapan bayi apa saja yang sudah ada

Anda tentu tidak ingin hadiah yang telah Anda pilih menjadi percuma karena sudah ada orang lain yang memberikan atau ternyata orangtua bayi sudah membelinya. Rasanya pengorbanan waktu dan biaya yang Anda keluarkan jadi terbuang sia-sia karena benda tersebut belum tentu akan dipakai. Maka dari itu, lebih baik pastikan dulu benda apa saja yang sudah dimiliki agar tidak mubazir.

Pilihlah kado yang aman, bermanfaat dan selalu diperlukan

Salah satu kado yang yang tidak akan pernah salah untuk bayi di antaranya adalah popok dan peralatan mandi karena akan terus menerus digunakan. Anda dapat memberikan popok sekali pakai atau popok kain yang dapat dicuci ulang. Popok sekali pakai memiliki berbagai ukuran, jadi Anda dapat memberikan popok dengan memperkirakan ukuran bayi yang baru lahir. Jika Anda memilih popok kain, pilihlah dari bahan 100% katun agar lembut di kulit bayi dan menyerap keringat dengan baik. Pemilihan kain popok yang tidak tepat akan membuat bayi iritasi dan tidak nyaman. Peralatan mandi juga bermanfaat karena walaupun banyak yang memberikan, bayi pasti mandi setiap hari, jadi stok menumpuk pun tidak masalah. Peralatan seperti sabun, sampo, bedak tabur bayi, minyak telon atau kayu putih akan meringankan beban kedua orangtua sehingga tidak perlu bolak-balik ke toko jika kehabisan.

Kesimpulan

Kelahiran bayi adalah sesuatu yang istimewa, maka dari itu sudah sepatutnya dirayakan. Kado adalah simbol dari perasaan turut berbahagia yang dapat Anda berikan pada orangtua maupun bayinya. Anda tidak perlu membeli barang yang terlalu mahal dan mewah di luar kemampuan Anda, pilihlah kado yang berkesan namun bersahabat dengan kantong Anda. Niat yang baik sudah membuat orangtua bayi senang. Perhatikan pula jenis kelamin bayi, keamanan barang yang diberikan dan manfaatnya untuk ke depan agar hadiah yang diberikan tidak mubazir. Setelah Anda mendapatkan ide kado yang pas, Anda tinggal pergi ke toko atau menjelajahi internet untuk membelinya. Nah, selamat memilih kado!

Adi Pramono

Web developer Bali, Indonesia. My name is Adi Pramono, a fulltime WordPress web developer based in Bali, Indonesia. I am originally come from Palangkaraya, Borneo Island, Indonesia. I believe that website is important in today’s world and a basic need for future businesses. Mail me if you need someone for your web project: info@adipramono.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top